SILABUS REFISI KURIKULUM 13. KELAS
XII
Aspek: Kerajinan
Alokasi waktu: 2 Jam Pembelajaran/minggu
Alokasi waktu: 2 Jam Pembelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Membuat pertanyaan dari yang
belum dipahami dalam proposal usaha yang berdasarkan pada kebutuhan dan
keinginan lingkungan sekitar/pasar local meliputi ide dan peluang usaha,
sumber daya, administrasi, dan pemasaran
4.1 Menyusun perencanaan usaha kerajinan yang
berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
|
|
·
Membaca dan mencermati model perencanaan/proposal usaha kerajinan
·
Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui
·
Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang
usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran
·
Membuat perencanaan/proposal usaha kerajinan
·
Mengolah informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara
pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan
·
Menyajkan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat
dalam bentuk lisan dan tulisan
|
3.2 Menganalisis sistem produksi
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan
sekitar/pasar lokal berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah
setempat
4.2 Memproduksi kerajinan yang berdasarkan pada
kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal berdasarkan daya
dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
|
· Jenis
dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
· Macam-macam
kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal
· Teknik produksi kerajinan
· Tahapan proses produksi
kerajinan
· Jenis dan kegunaan bahan
kemas
· Teknik penyajian dan
pengemasan
|
·
Mengamati berbagai produk kerajinan di industri sekitar sekolah, toko
kerajinan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks
·
Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan
yang dikembangkan
·
Latihan membuat kerajinan
·
Mengolah atau menganalisis informasi yang telah dikumpulkan
dari kegiatan mengamati dan eksperimen produksi kerajinan serta
membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan
·
Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan
tulisan)
|
3.3 Memahami perhitungan harga
jual produk usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
lingkungan sekitar/pasar lokal
4.3 Mengevaluasi hasil perhitungan harga jual produk
usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan
sekitar/pasar lokal
|
· Komponen
perhitungan harga jual produk
· Cara menentukan harga jual
· Identifikasi permasalahan
usaha
|
·
Membaca literatur atau buku teks Harga jual produk kerajinan
·
Mengumpulkan data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai
pertanyaan yang dikembangkan
·
Latihan menghitung Harga Jual sesuai kasus yang diberikan guru dan
mengevaluasi hasil perhitungan
·
Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan
serta membuat kesimpulan
·
Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan
latihan serta membuat kesimpulan
|
3.4 Memahami media promosi untuk
produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
lingkungan sekitar/pasar lokal
4.4 Membuat media promosi untuk produk hasil usaha
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan
sekitar/pasar lokal
|
· Fungsi
dan tujuan promosi
· bentuk-bentuk media
promosi
· pemilihan media promosi
yang tepat
· pembuatan media promosi
|
·
Mengamati kegiatan media promosi produk kerajinan dengan cara
observasi ke pasar/super market/ sentra penjualan di
sekitar sekolah atau membaca/menyimak dari berbagai literatur atau
nara sumber lain
·
Membuat pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapatkan informasi tentang
media promosi
·
Mengumpulkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat
pemahaman tentang media promosi
·
Latihan memasarkan produk kerajinan melalui berbagai media
promosi
·
Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya
·
Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang media promosi dalam
berbagai bentuk media (lisan/tulisan)
|
3.5 Menganalisis sistem konsinyasi
untuk kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan
sekitar/pasar lokal
4.5 Memasarkan kerajinan yang berdasarkan pada
kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal dengan sistem
konsinyasi
|
· System
konsinyasi
· Cara dan proses konsinyasi
|
·
Mengamati komponen system konsinyasi dengan menggunakan berbagai
sumber belajar yang relevan
·
Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang system konsinyasi
·
Mengumpulkan data/informasi tentang komponen system konsinyasi
·
Berlatih mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan
·
Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkan teori
dan praktik evaluasisistem konsinyasi yang dilakukan
·
Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang system konsinyasi dalam
berbagai bentuk media (lisan/tulisan
|
3.6 Memahami perencanaan usaha
kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global yang
meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
4.6 Menyusun perencanaan usaha kerajinan
berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global yang meliputi ide dan
peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
|
·
Ide dan peluang usaha
·
Analisa peluang usaha
·
Sumber daya yang di butuhkan
·
Administrasi dan pemasaran
·
Komponen perencanaan usaha
·
Langkah-langkah penyusunan perencanaan/proposal usaha
|
·
Membaca dan mencermati model perencanaan/proposal usaha kerajinan
·
Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui
·
Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang
usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran
·
Membuat perencanaan/proposal usaha kerajinan
·
Mengolah informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara
pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan
·
Menyajkan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat
dalam bentuk lisan dan tulisan
|
3.7 Menganalisis sistem produksi
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global dengan
daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
4.7 Memproduksi kerajinan yang berdasarkan pada
kebutuhan dan keinginan pasar global berdasarkan daya dukung yang dimiliki
oleh daerah setempat
|
·
Jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
·
Macam-macam kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan pasar global
·
Teknik produksi kerajinan
·
Tahapan proses produksi kerajinan
·
Jenis dan kegunaan bahan kemas
·
Teknik penyajian dan pengemasan
|
·
Mengamati berbagai produk kerajinan di industri sekitar sekolah, toko kerajinan,
internet, video dan atau membaca literatur/buku teks
·
Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan
yang dikembangkan
·
Latihan membuat kerajinan
·
Mengolah atau menganalisis informasi yang telah dikumpulkan
dari kegiatan mengamati dan eksperimen produksi kerajinan serta
membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan
·
Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan
tulisan)
|
3.8 Memahami perhitungan harga
jual produk usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
pasar global
4.8 Mengevaluasi hasil perhitungan harga jual produk
usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
|
·
Komponen perhitungan harga jual produk
·
Cara menentukan harga jual
·
Identifikasi permasalahan usaha
|
·
Membaca literatur atau buku teks harga jual produk kerajinan
·
Mengumpulkan data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai
pertanyaan yang dikembangkan
·
Latihan menghitung Harga Jual sesuai kasus yang diberikan guru dan
mengevaluasi hasil perhitungan
·
Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan
serta membuat kesimpulan
·
Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan
latihan serta membuat kesimpulan
|
3.9 Memahami media promosi untuk
produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
pasar global
4.9 Membuat media promosi untuk produk hasil usaha
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
|
·
Macam- macam media promosi
·
Fungsi media promosi
·
Cara membuat media promosi
|
·
Mengamati kegiatan media promosi produk kerajinan dengan cara
observasi ke pasar/super market/ sentra penjualan di
sekitar sekolah atau membaca/menyimak dari berbagai literatur
atau nara sumber lain
·
Membuat pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapatkan informasi tentang
media promosi
·
Mengumpulkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat
pemahaman tentang media promosi
·
Latihan memasarkan produk kerajinan melalui berbagai media
promosi
·
Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya
·
Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang media promosi dalam
berbagai bentuk media (lisan/tulisan)
|
3.10 Menganalisis sistem
konsinyasi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar
global
4.10 Menjual kerajinan yang berdasar pada kebutuhan
dan keinginan pasar global dengan sistem konsinyasi
|
·
System konsinyasi
· Cara dan
proses konsinyasi
|
·
Mengamati komponen system konsinyasi dengan menggunakan berbagai
sumber belajar yang relevan
·
Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang system konsinyasi
·
Mengumpulkan data/informasi tentang komponen system konsinyasi
·
Berlatih mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan
·
Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkan teori
dan praktik evaluasisistem konsinyasi yang dilakukan
·
Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang system konsinyasi dalam
berbagai bentuk media (lisan/tulisan
|
Aspek : Rekayasa
Alokasi waktu: 2 Jam Pembelajaran/minggu
Alokasi waktu: 2 Jam Pembelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Memahami proses perencanaan
usaha jasa profesi dan profesionalisme meliputi ide dan peluang usaha, sumber
daya, administrasi, dan pemasaran
4.1 Menyusun perencanaan usaha jasa profesi dan
profesionalisme meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi,
dan pemasaran
|
·
Perencanaan usaha jasa profesi dan profesionalisme
|
·
Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian
literatur/media atau menonton tayangan video tentang perencanaan usaha jasa
profesi dan profesionalisme
· Membuat
pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui
· Mengumpulkan
informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari
berbagai pertanyaan yang diajukan
· Kerja kelompok
untuk membuat rencana usaha jasa profesi dan profesionalisme yang
diawali dari ide dan peluang usaha, perhitungan sumberdaya usaha, penentuan
administrasi dan pemasaran jasa profesi dan profesionalisme
· Menganalisis
data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan membuat rencana
usaha jasa profesi dan profesionalisme dan menyimpulkan
· Menyajikan
laporan tentang perencanaan usaha jasa profesi dan profesionalisme
berdasarkan kebutuhan dan keinginan pasar
|
3.2 Menganalisis sistem produksi
usaha jasa profesi dan profesionalisme berdasarkan daya dukung yang
dimiliki oleh daerah setempat
4.2 Memproduksi usaha jasa profesi dan
profesionalisme berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
|
·
Identifikasi produk berdasarkan kebutuhan / keinginan pasar
· Sistem produksi usaha jasa
profesi dan profesionalisme
|
·
Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian
literatur/media atau menonton tayangan video tentang sistem produksi jasa
profesi dan profesionalisme
· Membuat
pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui
· Mengumpulkan
informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari
berbagai pertanyaan yang diajukan
· Kerja kelompok
untuk memproduksi /melakukan jasa profesi dan profesionalisme
· Menganalisis
data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik melakukan produksi
jasa profesi dan profesionalisme dan menyimpulkan
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
|
3.3 Mengevaluasi kegiatan usaha
jasa profesi dan profesionalisme
4.3 Menuyusun rencana pengembangan usaha jasa
profesi dan profesionalisme
|
·
Perhitungan harga jual usaha jasa profesi dan profesionalisme
· Evaluasi hasil perhitungan
harga jual usaha jasa profesi dan profesionalisme
|
·
Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian
literatur/media atau menonton tayangan video tentang Perhitungan Harga jual
jasa profesi dan profesionalisme
· Membuat
pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui
· Mengumpulkan
informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari
berbagai pertanyaan yang diajukan
· Kerja kelompok
untuk latihan menghitung harga jual usaha jasa profesi dan
profesionalisme sesuai kasus yang diberikan guru dan merumuskan hasil
perhitungan harga jual produk jasa profesi dan profesionalisme yang
diberikan guru
· Mengolah dan
menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan
menghitung dan merumuskan perhitungan harga jual usaha jasa profesi dan
profesionalisme dan menyimpulkan data hasil diskusi dan latihan menghitung
dan merumuskan perhitungan harga jual usaha jasa profesi dan profesionalisme
· Mempresentasikan
hasil kerja kelompok
|
3.4 Menganalisis media promosi
usaha jasa profesi dan profesionalisme
4.4 Merancang media promosi untuk usaha jasa profesi
dan profesionalisme
|
·
Pengertian media promosi
· Macam-macam media promosi
· Media promosi usaha
jasa profesi dan profesionalisme
|
·
Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian
literatur/media atau menonton tayangan video tentang media promosi produk
jasa profesi dan profesionalisme
· Membuat
pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui
· Mengumpulkan
informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari
berbagai pertanyaan yang diajukan
· Kerja kelompok
untuk menentukan media promosi produk berdasarkan kasus yang diberikan dan
membangun sikap kerjasama, membuat media promosi produk
jasa profesi dan profesionalisme untuk memperoleh keterampilan
dan pengembangan sikap wirausaha
· Mengolah dan
menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik membuat
media promosi produk jasa profesi dan profesionalisme dan menyimpulkan
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
|
3.5. Menganalisis sistem
konsinyasi produk usaha jasa profesi dan profesionalisme
4.5 Memasarkan produk usaha jasa profesi dan
profesionalisme dengan sistem konsinyasi
|
·
Pengertian sistem konsinyasi
· Penjualan dengan sistem
konsinyasi produk usaha jasa profesi dan profesionalisme yang berdasar pada
kebutuhan dan keinginan pasar
|
·
Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian
literatur/media atau menonton tayangan video tentang sistem konsinyasi usaha
jasa profesi dan profesionalisme
· Membuat
pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui
· Mengumpulkan
informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari
berbagai pertanyaan yang diajukan
· Kerja kelompok
melakukan penjualan dan analisis dengan sistem konsinyasi usaha jasa profesi
dan profesionalisme
· Menyimpulkan
data hasil diskusi dan penerapan dan analisis sistem konsinyasi usaha jasa
profesi dan profesionalisme
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
|
3.6 Memahami proses perencanaan usaha produk
teknologi terapan meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi,
dan pemasaran
4.6 Menyusun perencanaan usaha produk teknologi
terapan meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan
pemasaran
|
· Identifikasi produk
rekayasa berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar
· Perencanaan usaha produk
teknologi terapan
|
· Mengamati
dengan cara membaca, menyimak dari kajian literatur/media atau
menonton tayangan video tentang perencanaan usaha produk teknologi terapan
· Membuat
pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui
· Mengumpulkan
informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari
berbagai pertanyaan yang diajukan
· Kerja kelompok
untuk membuat rencana usaha produk teknologi terapan yang diawali dari
ide dan peluang usaha, perhitungan sumberdaya usaha, penentuan administrasi
dan pemasaran produk teknologi terapan
· Mengolah dan
menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan membuat
rencana usaha produk teknologi terapandan menyimpulkan
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
|
3.7 Menganalisis sistem produksi
usaha peralatan teknologi terapan berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh
daerah setempat
4.7 Memproduksi peralatan teknologi terapan
berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
|
· Manfaat
pasar
· Sistem produksi usaha
peralatan teknologi terapan
|
·
Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian
literatur/media atau menonton tayangan video tentang sistem produksi
peralatan teknologi terapan
· Membuat
pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui
· Mengumpulkan
informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari
berbagai pertanyaan yang diajukan
· Kerja kelompok
untuk memproduksi peralatan teknologi terapan
· Menganalisis
data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik melakukan produksi
peralatan teknologi terapandan menyimpulkan
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
|
3.8 Mengevaluasi kegiatan usaha
peralatan teknologi terapan
4.8 Menyusun rencana pengembangan usaha peralatan
teknologi terapan
|
·
Perhitungan harga jual produk usaha peralatan teknologi terapan
· Evaluasi hasil perhitungan
harga jual produk usaha peralatan teknologi terapan
|
·
Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian
literatur/media atau menonton tayangan video tentang Perhitungan harga jual
produk peralatan teknologi terapan
· Membuat
pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui
· Mengumpulkan
informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari
berbagai pertanyaan yang diajukan
· Kerja kelompok
untuk latihan menghitung harga jual usaha peralatan teknologi terapan sesuai
kasus yang diberikan guru, latihan merumuskan hasil perhitungan harga
jual produk peralatan teknologi terapan
· Mengolah dan
menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan
menghitung dan merumuskan perhitungan harga jual peralatan teknologi terapan
dan menyimpulkan
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
|
3.9 Menganalisis media promosi
produk usaha peralatan teknologi terapan
4.9 Merancang media promosi produk usaha peralatan
teknologi terapan
|
·
Perencanaan dan pembuatan media promosi produk usaha peralatan teknologi
terapan
|
·
Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian
literatur/media atau menonton tayangan video tentang media promosi produk
peralatan teknologi terapan
· Membuat
pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui
· Mengumpulkan
informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari
berbagai pertanyaan yang diajukan
· Kerja kelompok
untuk menentukan media promosi produk peralatan teknologi terapan berdasarkan
kasus yang diberikan dan membangun sikap kerjasama, membuat media
promosi produk peralatan teknologi terapan untuk memperoleh
keterampilan dan pengembangan sikap wirausaha
· Mengolah dan
menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik membuat
media promosi produk peralatan teknologi terapan dan menyimpulkan
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
|
3.10 Menganalisis sistem
konsinyasi produk usaha peralatan teknologi terapan
4.10 Memasarkan produk usaha peralatan teknologi
terapan dengan sistem konsinyasi
|
· Sistem
konsinyasi usaha produk peralatan teknologi terapan
|
·
Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian
literatur/media atau menonton tayangan video tentang sistem konsinyasi
produksi peralatan teknologi terapan
· Membuat
pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui
· Mengumpulkan
informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari
berbagai pertanyaan yang diajukan
· Kelompok
melakukan penjualan dengan sistem konsinyasi produksi peralatan teknologi
terapan, melakukan analisis penerapan sistem konsinyasi usaha produksi
peralatan teknologi terapan
· Mengolah dan
menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan penerapan dan
analisis sistem konsinyasi usaha produksi peralatan teknologi terapan dan
menyimpulkan
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok pembuatan laporan hasil kegiatan usaha
produksi peralatan teknologi terapan dan hasil analisis laporan usaha
|
Aspek : Budidaya
Alokasi waktu: 2 Jam Pembelajaran/minggu
Alokasi waktu: 2 Jam Pembelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Memahami perencanaan usaha
budidaya unggas petelur meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi
dan pemasaran
4.1 Membuat perencanaan usaha budidaya unggas
petelur meliputi ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi dan
pemasaran
|
· Ide dan
Peluang Usaha
· Sumber Daya yang dibutuhkan
· Adminstrasi dan pemasaran
· Komponen proposal usaha
· Langkah-langkah
Penyusunan Proposal budidaya unggas petelur
|
·
Membaca dan mencermati model perencanaan usaha budidaya unggas petelur
· Membuat
pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui
· Mengumpulkan data/informasi
tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di
butuhkan serta administrasi dan pemasaran
· Menentukan
produk usaha budidaya unggas petelur yang akan dilaksanakan
· Membuat
proposal usaha budidaya unggas petelur
· Mengolah
informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan
praktik dalam bentuk proposal usaha dan menyimpulkan
· Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam
bentuk lisan dan tulisan
|
3.2 Menganalisis sistem produksi
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan
sekitar/pasar lokal berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah
setempat
4.2. Memproduksi kerajinan berdasarkan pada
kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal berdasarkan daya
dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
|
·
Sistem produksi usaha budidaya unggas petelur
· Jenis-jenis
unggas petelur
· Penentuan
produk yang akan dibudidayakan
· Penyiapan alat
· Penyiapan
kandang
· Pemilihan
bibit unggul
· Pemeliharaan
ternak
· Pemberian
pakan ternak
· Pemeliharaan
kesehatan ternak
· Pemanenan
· Pengemasan
|
·
Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian
literatur/media atau menonton tayangan video / mengobservasi observasi ke
tempat budidaya dan pengemasan unggas petelur.
· Membuat
pertanyaan mengenai hal yang belum dipahami dari bacaan, video dan observasi
tempat budidaya ayam petelus
· Latihan
membuat rencana produksi ayam petelur
·
Memproduksi unggas petelur berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh
daerah setempat
· Mengolah
data/informasi tentang produksi unggas petelur
· Mengevaluasi
dan melaporkan produksi pembenihan unggas petelur di daerah setempat
atau nusantara.
· Menyajikan
hasil produksi unggas petelur di daerah setempat
|
3.3. Memahami perhitungan titik
impas (Break Even Point) usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun
datar
4.3. Menyusun rencana pengembangan usaha
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan
sekitar/pasar loka
|
·
Perhitungan Hen Day Production
· Mortalitas
· Taksiran
harga jual
· Rencana
pengembangan usaha budidaya unggas petelur
|
·
Membaca literature atau buku teks tentang evaluasi kegiatan usaha
budidaya unggas petelur
· Membuat
pertanyaan tentang evaluasi usaha budidaya unggas petelur
· Mengumpulkan
informasi/ data evaluasi usaha budidaya unggas petelur
· Latihan
menghitung hen day production , mortalitas, harga jual hasil usaha
budidaya unggas petelur sesuai kasus yang diberikan guru
· Membuat
rencana pengembangan usaha budidaya unggas petelur
·
Menyajikan hasil perhitungan konversi pakan, mortalitas,
kesehatan unggas petelur harga jual hasil usaha budidaya unggas petelur
|
3.4 Menganalisis media
promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan
dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
4.4. Merancang media promosi untuk produk
hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
lingkungan sekitar/pasar lokal
|
·
Pengertian media promosi
· Tujuan dan
fungsi media Promosi
· Jenis-jenis
media promosi
· Pembuatan
media promosi
|
·
Membaca, menyimak dari kajian literatur/video tentang promosi
produk usaha budidaya unggas petelur .
· Membuat
pertanyaan mengenai hal yang belum dipahami dari bacaan dan video terkait
media promosi
· Mengolah dan
menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik promosi
produk budidaya unggas pedaging
·
Menentukan strategi promosi produk budidaya unggas pedaging
· Membuat media
promosi usaha budidaya unggas petelur
· Mengevaluasi,
menyimpulkan dan melaporkan hasil pemasaran produk usaha budidaya
unggas petelur
|
3.5. Memasarkan kerajinan yang
berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
dengan sistem konsinyasi
4.5 Memasarkan kerajinan yang berdasarkan pada
kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal dengan sistem
konsinyasi
|
·
Sistem konsinyasi
· Cara
Konsinyasi
· Proses
konsinyasi
|
·
Mengamati sistem konsinyasi menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
· Membuat
pertanyaan tentang pengertian, fungsi, manfaat, dan prosedur sistem
konsinyasi usaha budidaya unggas petelur
· Mengumpulkan
informasi dan untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan
yang diajukan dan untuk memperoleh pemahaman tentang pengertian,
fungsi, manfaat dan prosedure sistem konsinyasi usaha
budidaya unggas petelur
· Menjual produk
unggas petelur dengan sistem konsinyasi
· Menganalisis
data/informasi tentang menjual dengan sistem konsinyasihasil usaha dari
berbagai sumber belajar yang relevan
· Menyajikan
hasil Analisis data/informasi dan simpulan tentang sistem konsinyasi hasil
budidaya unggas petelur
|
3.6. Memahami perencanaan usaha
kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global yang
meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
4.6. Menyusun perencanaan usaha
kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global yang
meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
|
·
Ide dan Peluang Usaha
· Sumber Daya
yang dibutuhkan
· Adminstrasi
dan pemasaran
· Komponen
perencanaan usaha
·
Langkah-langkah Penyusunan Perencanaan usaha budidaya unggas pedaging
|
·
Membaca dan mencermati model perencanaan usaha budidaya unggas pedaging
· Membuat
pertanyaan terhadap apa yang belum dipahami tentang model perencanaan
usaha
· Mengumpulkan
data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber
daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran
· Menentukan
usaha budidaya unggas pedaging yang akan dilakukan
· Membuat
perencanaan usaha budidaya unggas pedaging
· Mengolah
informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan
praktik dalam bentuk proposal usaha dan menyimpulkan
· Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam
bentuk lisan dan tulisan
|
3.7 Menganalisis sistem produksi
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global dengan
daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
4.7 Memproduksi kerajinan yang berdasarkan
pada kebutuhan dan keinginan pasar global berdasarkan daya dukung yang
dimiliki oleh daerah setempat
|
·
Sistem produksi usaha budidaya unggas pedaging:
· Pengertian
unggas pedaging
· Jenis-jenis
unggas pedaging
· Penentuan
produk yang akan dibudidayakan
· Penyiapan alat
· Penyiapan
kandang
· Pemilihan
bibit unggul
· Pemeliharaan
ternak
· Pemberian
pakan ternak
· Pemeliharaan
kesehatan ternak
· Pemanenan
· Pengemasan
|
·
Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian
literatur/media atau menonton tayangan video /melakukan observasi ke tempat
budidaya dan pengemasan unggas pedaging tentang sistem produksi unggas
pedaging.
· Membuat
pertanyaan mengenai hal yang belum dipahami dari bacaan, video dan observasi
tempat budidaya unggas pedaging
·
Memproduksi unggas pedaging berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh
daerah setempat
· Mengolah
data/informasi tentang produksi unggas pedaging
· Mengevaluasi
dan melaporkan produksi unggas pedaging di daerah setempat atau
nusantara.
· Menyajikan
hasil produksi unggas pedaging di daerah setempat
|
3.8. Mengevaluasi kegiatan usaha
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
4.8. Menyusun rencana pengembangan usaha kerajinan
yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
|
·
Evaluasi usaha
· Perhitungan
Konversi pakan
· Mortalitas
· Pembuatan
Rencana pengembangan usaha budidaya unggas pedaging
|
·
Membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang evaluasi usaha
budidaya unggas pedaging
· Membuat
pertanyaan mengenai hal yang belum diketahui
· Menghitung
angka konversi pakan dan mortalitas
· Membuat
rencana pengembangan usaha berdasarkaan hasil evaluasi
· Mengolah
informasi yang didapat tentang penghitungan konversi pakan dan mortalitas
· Menganalisis
dan menyimpulkan hasil pengamatan/kajian literatur dan diskusi tentang
evaluasi usaha budidaya pembenihan unggas pedaging
· Menyajikan
hasil evaluasi usaha budidaya unggas pedaging
|
3.9 Menganalisis media promosi
untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan
keinginan pasar global
4.9 Merancang media promosi untuk produk
hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar
global
|
·
Pengertian media promosi
· Tujuan dan
fungsi media promosi
· Jenis-jenis
media promosi
· Membuat
promosi usaha
|
·
Membaca, menyimak dari kajian literatur/video tentang promosi
produk usaha budidaya unggas pedaging .
· Membuat pertanyaan
mengenai hal yang belum dipahami tentang media promosi dari bacaan dan video
· Mengumpulkan
indormasi dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang timbul saat
membaca dan menonton video
· Membuat media
promosi
· Mengolah dan
menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik promosi
produk budidaya unggas pedaging
·
Menentukan strategi promosi produk budidaya unggas pedaging
· Membuat media
promosi usaha budidaya unggas pedaging
· Mengevaluasi,
menyimpulkan dan melaporkan hasil pemasaran produk usaha budidaya
unggas pedaging
|
3.10. Menganalisis sistem
konsinyasi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar
global
4.10. Memasarkan kerajinan yang berdasar pada
kebutuhan dan keinginan pasar global dengan sistem konsinyasi
|
·
Sistem Konsinyasi
· Cara
Konsinyasi
|
·
Mengamati sistem konsinyasi menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
· Membuat
pertanyaan tentang pengertian, fungsi, manfaat, dan prosedur sistem
konsinyasi usaha budidaya unggas pedaging
· Mengumpulkan
informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang
diajukan dan untuk memperoleh pemahaman tentang pengertian, fungsi,
manfaat dan prosedure sistem konsinyasi usaha budidaya
unggas pedaging
· Menjual produk
unggas pedaging dengan sistem konsinyasi
· Menganalisis
data/informasi tentang menjual dengan sistem konsinyasihasil usaha dari
berbagai sumber belajar yang relevan
· Menyajikan
hasil Analisis data/informasi dan simpulan tentang sistem konsinyasi hasil
budidaya unggas pedaging
|
Aspek : Pengolahan
Alokasi waktu : 2 Jam Pembelajaran/minggu
Alokasi waktu : 2 Jam Pembelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Memahami perencanaan usaha pengolahan
makanan khas daerah yang di modifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani
meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran
4.1 Menyususn perencanaan usaha pengolahan makanan
khas daerah yang di modifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani
meliputi ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran
|
· Ide dan peluang
usaha
· Analisa peluang usaha
· Sumber daya yang di butuhkan
· Administrasi dan pemasaran
· Komponen perencanaan usaha
· Langkah-langkah penyusunan perencanaan
usaha
|
·
Membaca dan mencermati model perencanaan usaha pengolahan makanan
· Membuat
pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui
· Mengumpulkan
data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber
daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran
· Membuat
perencanaan usaha pengolahan makanan khas daerah yang
dimodifikasi
· Mengolah
informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan
praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan
· Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam
bentuk lisan dan tulisan
|
3.2. Menganalisis sistem
pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan
hewani berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
4.2. Mengolah makanan khas daerah yang dimodifikasi
dari bahan pangan nabati dan hewani berdasarkan daya dukung yang dimiliki
oleh daerah setempat
|
· Jenis
dan karakteristik bahan dan alat pengolahan
· Macam-macam makanan
khas daerah
· Teknik pengolahan
· Tahapan proses pengolahan
|
·
Mengamati berbagai produk makanan khas daerah di industri sekitar sekolah,
toko makanan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks
· Mengumpulkan
data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang
dikembangkan
· Latihan
membuat makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan
pangan
· Mengolah atau
menganalisis informasi yang telah dikumpulkan dari
kegiatan mengamati dan eksperimen pengolahan makanan serta
membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan
· Menyajkan
hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)
|
3.3. Mengevaluasi kegiatan
usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan
nabati dan hewani
4.3. Menyusun rencana pengembangan usaha pengolahan
makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani
|
· Komponen
penentuan harga jual produk
· Penentuan harga jual
· Perhitungan laba- rugi
|
·
Membaca literatur atau buku teks harga jual produk pengolahan makanan
· Mengumpulkan
data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang
dikembangkan
· Latihan
mengevaluasi perhitungan harga jual produk sesuai kasus yang diberikan
guru dan mengevaluasi hasil perhitungan
· Mengolah dan
menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta membuat
kesimpulan
· Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta
membuat kesimpulan
|
3.4. Menganalisis media promosi
produk usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan
pangan nabati dan hewani
4.4. Merancang media promosi produk usaha pengolahan
makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani
|
· Mengenal
konsumen dan pesaing
· Strategi promosi
· Rencana promosi
· Media promosi
|
·
Mengamati kegiatan promosi produk hasil pengolahan dengan cara
observasi ke pasar/super market/ sentra penjualan di
sekitar sekolah atau membaca/menyimak dari berbagai literatur
atau nara sumber lain
· Membuat
pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapatkan informasi tentang konsumen dan
pesaing, strategi promosi, rencana dan media promosi
· Mengumpulkan
data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang
promosi produk
· Latihan
mempromosikan produk makanan melalui berbagai strategi promosi
· Menganalisis
dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya
· Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang promosi produk dalam
berbagai bentuk media (lisan/tulisan)
|
3.5. Menganalisis sistem
konsinyasi produk usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari
bahan pangan nabati dan hewani
4.5. Memasarkan produk usaha pengolahan
makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani
dengan sistem konsinyasi
|
|
·
Mengamati system konsinyasi menggunakan berbagai sumber belajar
yang relevan
· Membuat
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang system konsinyasi yang belum
dipahami
· Mengumpulkan
data/informasi tentang system konsinyasi produk
· Latihan
menjual produk dengan cara konsinyasi
· Menganalisis
dan menyimpulkan informasi/data
· Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang penjualan dengan system
konsinyasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan)
|
3.6. Memahami perencanaan usaha
pengolahan makanan fungsional meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya,
administrasi, dan pemasaran
4.6. Menyusun perencanaan usaha pengolahan makanan
fungsional meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan
pemasaran
|
· Ide dan peluang
usaha
· Analisa peluang usaha
· Sumber daya yang di butuhkan
· Administrasi dan pemasaran
· Komponen perencanaan usaha
· Langkah-langkah penyusunan perencanaan
usaha
|
·
Membaca dan mencermati model perencanaan usaha pengolahan makanan
· Membuat
pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui
· Mengumpulkan
data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber
daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran
· Membuat perencanaan
usaha pengolahan makanan fungsional
· Mengolah
informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan
praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan
· Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam
bentuk lisan dan tulisan
|
3.7. Menganalisis sistem
pengolahan makanan fungsional berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh
daerah setempat
4.7. Mengolah/ membuat makanan fungsional
berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
|
· Jenis
dan karakteristik bahan dan alat pengolahan
· Macam-macam makanan
fungsional
· Teknik pengolahan
· Tahapan proses pengolahan
|
·
Mengamati berbagai produk makanan fungsional di industri sekitar sekolah,
toko makanan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks
· Mengumpulkan
data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang
dikembangkan
· Latihan
membuat makanan fungsional
· Mengolah atau
menganalisis informasi yang telah dikumpulkan dari
kegiatan mengamati dan eksperimen pengolahan makanan serta
membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan
· Menyajkan
hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)
|
3.8. Mengevaluasi kegiatan usaha
pengolahan makanan fungsional
4.8. Menyusun rencana pengembangan usaha pengolahan
makanan fungsional
|
|
·
Membaca literatur atau buku teks harga jual produk pengolahan makanan
· Mengumpulkan
data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang
dikembangkan
· Latihan
mengevaluasi perhitungan harga jual produk sesuai kasus yang diberikan
guru dan mengevaluasi hasil perhitungan
· Mengolah dan
menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta membuat
kesimpulan
·
Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan
latihan serta membuat kesimpulan
|
3.9. Menganalisis media promosi
produk usaha pengolahan makanan fungsional
4.9. Merancang media promosi produk usaha pengolahan
makanan fungsional
|
·
Macam-macam media promosi
· Fungsi media
· Cara membuat media promosi
|
·
Mengamati kegiatan pembuatan media promosi produk hasil pengolahan
dengan cara observasi ke pasar/super market/ sentra
penjualan di sekitar sekolah atau membaca/menyimak dari
berbagai literatur atau nara sumber lain
· Membuat
pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapatkan informasi tentang
pembuatan media promosi
· Mengumpulkan
data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang
pembuatan media promosi produk
· Latihan
membuat media promosi produk makanan
· Menganalisis
dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya
· Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang pembuatan media promosi melalui
lisan dan atau tulisan
|
3.10. Menganalisis sistem
konsinyasi produk usaha pengolahan makanan fungsional
4.10. Memasarkan produk usaha pengolahan makanan
fungsional dengan sistem konsinyasi
|
|
·
Mengamati system konsinyasi menggunakan berbagai sumber belajar
yang relevan
· Membuat
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang system konsinyasi yang belum
dipahami
· Mengumpulkan
data/informasi tentang system konsinyasi produk
· Latihan
menjual produk dengan cara konsinyasi
· Menganalisis
dan menyimpulkan informasi/data
· Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang penjualan dengan system
konsinyasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan)
|
0 comments:
Post a Comment