soal prakarya kerajinan
1. Manusia memiliki kelebihan berupa akal
pikiran, kalbu, emosi, nafsu, dan kemampuan membuat sesuatu. Usaha menggunakan
akal pikiran untuk membuat sesuatu (kreasi) yang baru, baik, nyata atau abstrak
disebut…
a.
Kreativitas
b.
Ekspresi
c.
Pengalaman
d.
Menikmati
e.
Melihat
2.
Sesuatu yang lain dari pada yang lain, yang
belum pernah dibuat orang sebelumnya, baik dalam hal ide, teknik, dan media,
merupakan ciri khusus proses kreasi yang…
a.
Unik
b.
Individual (pribadi)
c.
Ekspresif
d.
Universal
e.
Survival (tahan lama)
3. Membudidayakan tanaman sayuran,
dan memodifikasi media
tanam tanaman sayuran.
Mempunyai rasa (sense) terhadap tanaman sebagai makhluk
hidup yang perlu dirawat, bertanggung jawab, disiplin, tekun, sabar, teliti,
dan bekerjasama selama melaksanakan tahapan budidaya. Mengamati setiap proses
dengan seksama sehingga tumbuh rasa syukur atas segala anugerah dan ciptaan
Tuhan Yang Maha Esa.
Uraian diatas adalah tinjauan untuk
kemampuan siswa pada aspek:
a.
Sosial
b.
Spritual
c.
Pengetahuan
d.
Keterampilan
e.
Praktek akhlak
4.
Tanaman sayuran termasuk
tanaman hortikultura. Hortikultura (Horticulture)berasal dari
bahasa latin hortusyang artinya kebun dan colereyang artinya membudidayakan.
Jadi hortikultura adalah…
a.
Membudidayakan tanaman di kebun
b.
Pengolahan tanaman di lahan
c.
Budidaya sayuran
d.
Budidaya sayuran di kebun
e.
Mengolah tanaman
5. Peserta didik dikenalkan teknik pembentukan karya dari tanah liat, yaitu
dengan teknik lempengan (slab) dan teknik cetak (mold). Kedua teknik ini juga
merupakan dasar pembuatan keramik. Uraian ini termasuk langkah dalam
penyampaian materi prakarya dan kewirausahaan pada ruang lingkup…..
a.
Rekayasa
b.
Budidaya
c.
Pengolahan
d.
Kerajinan
e.
Pengembangan
6. Mempelajari motif/ragam hias Nusantara dapat diamati dari berbagai benda
seperti kayu, kain, rumah adat, senjata tradisional, pakaian adat, dan alat
musik. Mempelajari ragam hias tidak hanya tradisional tetapi juga modern yang
tidak merujuk dari motif daerah tertentu. Yang manakah ragam hias dibawah yang
berasal dari ukiran tradisional ?
a.
Lambang negara
b.
Motif kain
c.
Perisai dari suku Dayak
d.
Tugu nasional
e.
Motif rumput laut
7.
Didalam mata pelajaran
Prakarya dan Kewirausahaan terdapat 4 ruang lingkup yang dapat dikembangkan dan
diajarkan di sekolah. Dari 4 ruang lingkup tersebut, yang manakah sudah kamu
pelajari di sekolah?
a. Ruang lingkup kerajinan c.
Ruang lingkup pengolahan e. Ruang
lingkup seni
b. Ruang lingkup rekayasa d. Ruang lingkup budidaya

8.
Motif diatas merupakan motif tato dayak yang
bernama…
a.
Mata Aso
b.
Bunga Terung
c.
Jalaut
d.
Usung dian
e.
Ipah Olim

9.
Motif diatas merupakan motif tato dayak yang
bernama…
a.
Mata Aso
b.
Bunga Terung
c.
Jalaut
d.
Usung dian
e.
Ipah Olim

10.
Motif diatas merupakan motif tato dayak yang
bernama…
a.
Mata Aso
b.
Bunga Terung
c.
Jalaut
d.
Usung dian
e.
Ipah Olim

11.
Motif diatas merupakan motif tato dayak yang
bernama…
a.
Mata Aso
b.
Bunga Terung
c.
Jalaut
d.
Usung dian
e.
Ipah Olim

12.
Motif diatas merupakan motif tato dayak yang
bernama…
a.
Mata Aso
b.
Bunga Terung
c.
Jalaut
d.
Usung dian
e.
Ipah Olim
13. Pada konsentrasi desain grafis sebagai pilihan pengembangan mata pelajaran
prakarya dan kewirausahaan, terdapat banyak pilihan program aplikasi yang dapat
dipakai. Program apakah yang sudah kamu pakai dan pelajari di sekolah?
a.
Corel Draw c.
Paint e.Photoshop
b.
Inkscape d. Google Sketchup
14.
Kewirausahaan adalah proses mengidentifikasi,
mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.Visi tersebut bisa berupa
ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.Hasil
akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada
kondisi risiko atau ketidakpastian.
Dalam hasil desain grafis, produk apa saja yang dapat menjadi peluang usaha
dan mempunyai nilai jual?
a.
Baju kaos c.
Batik printing e. origami
b.
Kain d.
lukisan
15.
Dalam berwirausaha kerap kita menemui
kegagalan (lebih banyak) dan keberhasilan, sikap apa yang dapat kita tunjukan
sebagai manusia yang beragama, bertuhan jika dalam berwirausaha menemui banyak
kegagalan?
a. Tetap berusaha mencari peluang dan banyak belajar dari pengalaman disertai
dengan selalu berdo’a.
b.
Frustrasi meratapi nasib
c. Mengadu kepada teman di media jejaring sosial
d. Tetap berusaha dan menjadi kuat, berani untuk menghalalkan segala cara
e. Lebih baik menyendiri dan mendaki gunung untuk mencari inspirasi baru
16. Coba perhatikan lingkungan kalian, mulai dari ruang kelas, sekolah dan
jalan raya. Dari area tersebut, terdapat banyak informasi komunikas berupa
gambar/tulisan desain grafisseperti contoh dibawah, kecuali:
a. Papan reklame c.spanduk e. pohon
b. baliho d.Logo
instansi swasta/negeri
17. Kalian yang berdomisili di Kota Balikpapan tentu tahu tentang ciri khas
kota secara khusus atau daerah Kalimantan Timur ini secara umum, hal menarik
apa yang dapat kita jadikan ide untuk membuat karya desain grafis dengan tujuan
mengangkat ciri budaya lokal yang membanggakan?
a. Perilaku anak jalanan c.
Ukiran dayak e. Areal tambang
b.
Sampah-sampah berserakan d. hutan
18. Kalimantan memiliki suku asli yaitu dayak, suku dayak yg berasal dari
Kalimantan Timur adalah…
a.
Tidung
b.
Ahe
c.
Punan
d.
Iban
e.
Maanyan

19. Gambar diatas merupakan corak batik dayak yang terinspirasi dari binatang….
a.
Kepiting
b.
Udang
c.
Kalajengking
d.
Semut
e.
Belalang
20. Sebutkan salah satu sumber daya yang diperlukan untuk mendukung proses
produksi karya rekayasa desain grafis komputer?
a. kuas c. Program
aplikasi Inkscape e. uang
b.
kanvas d.
kertas
21.
Desain Grafis merupakan salah satu lahan
bisnis yang tumbuh pesat dan berkembang sejak tahun 80-an. dengan perkembangan
dunia publikasi, advertising dan visual, desain grafis menjadi salah satu
bidang bisnis yang mampu menciptakan wirausaha-wirausahawan sukses terbanyak di
Indonesia dan membuka peluang usaha bagi sekitar 100.000 s/d 500,000 tenaga
kerja di Indonesia. Bahkan saat ini diperkirakan lebih banyak lagi. Mengingat
usaha ini telah merambah jauh sampai ke seluruh wilayah Nusantara.
Jelaskan tentang pengertian advertising secara umum!
a.
periklanan c. pertumbuhan e. sablon
b.
perdagangan d.
percetakan
22. Proses mengungkapkan ide dalam bentuk gambar penting dalam periklanan,
namun gambar yang bagus dan indah bukan hal yang utama karena kita hanya
dituntut untuk dapat menuangkan ide dalam bentuk citra gambar. Jadi, mampu
menggambar dengan baik bukan persyaratan di dunia periklanan.
Jelaskan maksud dari uraian diatas!
a. Yang penting adalah kemampuan program aplikasinya dalam mengolah gambar
b. Terpenting adalah ide kreatif atau kemurnian ide dan mampu menuangkannya
kedalam gambar
c. Yang utama adalah keterampilan pengguna dalam menggambar
d. Yang penting adalah kemampuan diri dalam manipulasi gambar
e. Menggambar bagus dan menarik tidak penting, yang utama adalah program
komputernya
23. Sebelum menuangkan ide kedalam program aplikasi desain grafis komputer,
idealnya kita ……… ………………terlebih dahulu.
a. merenung c. Membuat konsep e. menjiplak
b. Pergi ke pantai d.
Menjelajahi internet
24.
Sebagai manusia yang
beragama, apa pendapat kamu tentang keberagaman produk rekayasa dalam kondisi
hidup berwirausaha yang kadang mengalami kegagalan dan keberhasilan?
a. Selalu tabah menjalani persaingan dan mengambil pelajaran didalamnya
b. Tidak peduli dan akan mengambil cara apa saja untuk bersaing
c. Memberi bonus kepada pihak konsumen jika memakai jasa kita
d.
Beralih ke bidang usaha lain
e.
Berhenti berusaha dan istirahat
25.
Menghayati
danmengamalkan ajaran agamayang dianutnya dalam konteks berkarya dan berusaha
dalam bidang jasa desain grafis. Maksud dari kalimat diawal
tersebut adalah:
a. Selalu berusaha dan menggunakan program dengan karya asli
b. Menjunjung tinggi kejujuran dan menghormati karya orang
lain
c.
Memakai program bajakan
d.
Menjiplak karya orang lain
menjadi kebiasaan yang bagus untuk sebuah usaha yang minim modal
e.
Selalu memakai karya asli
Indonesia
26.
Menggali
potensi internal untuk berkarya dan menghasilkan karya rekayasa yang bernilai. Makna
kalimat tersebut adalah:
a. Menggali kemampuan diri dengan rajin mengasah
keterampilan
b.
Banyak membaca
c.
Sering mencari bahan pelajaran
d.
Memakai media online untuk
belajar
e.
Menggali potensi diri untuk maju
27.
Jika dilingkungan kamu banyak
sampah-sampah elektronik, langkah apa yang sebagusnya kamu lakukan untuk
mengurangi dan memaksimalkan limbah tersebut menjadi barang berguna?
a. Untuk sementara saya hanya berusaha memilah buangan sampah-sampah
tersebut secara rapi
b. Menempatkan limbah yang berbahaya ketempat khusus
c. Selalu berusaha merawat barang-barang elektronik sebaik
mungkin
d. Tidak mudah mengganti barang elektronik dengan yang baru
e. Tidak peduli, karena bukan urusan saya
28.
Hari Batik di Indonesia
diperingati setiap tanggal?
a.
12 Oktober
b.
10 Oktober
c.
2 Oktober
d.
21 Oktober
e.
1 Oktober
29. Batik Kal-Tim cenderung didominasi dengan motif……….
a.
Rumput laut
b.
Akar pohon
c.
Ukiran dayak
d.
Beruang madu
e.
Pesut
30. Salah satu dampak dari tidak menghargai budaya lokal adalah
a. Malu mengakui bahwa dia dilahirkan didaerah tersebut
b.
Tidak tahu pada budaya sendiri
c.
Sering memakai produk dari luar
d. Budaya daerah akan hilang dan akan menjadi sesuatu yang
“langka” untuk generasi mendatang
e. Menjadi buta akan etika dan moral
31. Jika didepan kamu ada benda berupa: gunting, kertas,
pensil dan kuas, benda apa yang sangat diperlukan untuk menggambar?
a.
Gunting dan kertas
b.
Pensil dan kuas
c.
Kertas dan kuas
d.
Pensil dan kertas
e.
Gunting dan kuas
32. Agar usia remaja tidak tertinggalkan konsep kemandirian
pasca sekolah perlu dibekali dengan….
a.
Prinsip prakarya
b.
Prinsip kewirausahaan
c.
Prinsip ekonomi
d.
Prinsip rekayasa
e.
Prinsip budidaya
33.
Prakarya sebenarnya adalah pengembangan
materi kearifan lokal yang telah dapat diidentifikasi dalam sejarah arkeologis
mampu mengangkat nama Indonesia ke dunia internasional. Pernyataan ini terkait
dengan hubungan prakarya dengan……..
a.
Budaya
b.
Sosial
c.
Rekayasa
d.
Pengolahan
e.
Budidaya
34. Yang manakah dari hasil produksi dibawah termasuk kategori ruang lingkup
Kerajinan tangan?
a.
Logo sekolah
b.
Gambar konstruksi jembatan
c.
Anyaman tas dari rotan
d.
Program input data pegawai
e.
Ikan lele
35. Yang manakah dari hasil produksi dibawah termasuk kategori ruang lingkup
Rekayasa ?
a.
Bel listrik
b.
Udang
c.
Anyaman tas bambu
d.
Pot bunga tanah liat
e.
Kolam pembiakan ikan Nila
36. Yang manakah dari hasil produksi dibawah termasuk kategori ruang lingkup
Budidaya ?
a.
Tambak ikan Bandeng
b.
Jamur merang
c.
Pot dari kaca
d.
Kolam pembiakan udang
e.
Pengolahan limbah sampah basah
37. Yang manakah dari hasil produksi dibawah termasuk kategori ruang lingkup Pengolahan
?
a.
Kompos
b.
Anyaman tas bambu
c.
Pot bunga tanah liat
d.
Kolam pembiakan ikan Nila
e.
Asbak dari asbes
38. Jika didepan kamu terdapat benda-benda berikut: rotan,
tali dari wol, lem, gunting, cutter dan kertas. Manakah benda utama yang dapat
dimanfaatkan untuk membuat tas/tempat-wadah barang?
a.
Tali dari wol
b.
Gunting
c.
Cutter
d.
Rotan
e. Semua benda tersebut bisa dipakai untuk membuat
tas/tempat barang
39. Karya yang mempunyai nilai
keterjualan oleh karenanya karya tersebut harus memenuhi standar pasar,yaitu:
menyenangkan pembeli, nilai kemanfaatan, kreatif serta bertanggungjawab terhadap ciptaannya berdasarkan logika matematis maupun pengetahuan estetis.
menyenangkan pembeli, nilai kemanfaatan, kreatif serta bertanggungjawab terhadap ciptaannya berdasarkan logika matematis maupun pengetahuan estetis.
Pernyataan diatas adalah Prinsip-prinsip Belajar, Pembelajaran dan Asesmen dari…….
a.
Prakarya dan Kewirausahaan
b.
Rekayasa desain grafis
c.
Budidaya jamur merang
d.
Bisnis dan manajemen
e.
Ekonomi akuntansi
40.
Kulit
merupakan bahan alam yang mudah didapat dan jumlahnya berlimpah terutama pada
saat perayaan Idul Adha. Biasanya kulit hewan kambing/domba atau sapi dijemur
di panas matahari. Pilihlah salah satu dari produk kulit hasil
kerajinan tangan ….
a.
Topi bambu
b.
Tas anyaman rotan
c.
Ikat pinggang
d.
Asbak tanah liat
e.
Pigura bambu
41. Pilih salah satu hasil karya kerajinan tangan dari rotan
dibawah ini….
a.
Tas kulit
b.
Sepatu karet
c.
Jam plastik
d.
Tikar
e.
Tutup kaleng
42.
Jika kalian perhatikan, pada
salah satu cabang olah raga menggunakan bahan dasar rotan sebagai bahan pembuat
bola, sebutkan cabang olahraga tersebut….
a.
Soccer
b.
Volley ball
c.
Basket ball
d.
Sepak takraw
e.
Badminton
43. Yang termasuk hasil/produk modifikasi kerajinan tangan
berbahan alam…….
a.
Bunga kertas
b.
Tas bungkus sabun
c.
Topi bambu
d.
Patung lilin
e.
Sepatu karet
44. Keselamatan dalam bekerja perlu diingatkan agar
diperhatikan oleh peserta didik dalam berkarya di kerajinan tangan. Bahan/alat
bantu yang termasuk berbahaya jika tidak cermat dalam penggunaannya adalah…..
a.
Gunting
b.
Laptop
c.
Kertas
d.
Lem
e.
Benang
45.
Bagian dari Inkscape yang berguna untuk
membentuk atau mengubah suatu objekadalah ....
a.
Menu bar
b.
Status bar
c.
Pallete
d.
Toolbox
e.
Rulers
46. Menu untuk mengatur layout dokumen adalah ....
a.
File
b.
Edit
c.
View
d.
Layer
e.
Object
47. Bagian dari Toolbox yang dapat kita gunakan untuk memilih dan memindahkan
objekadalah ....
a.
Select and Transform Object
b.
Edit Path
c.
Zoom in or out
d.
Draw Freehand Lines
e.
3D Boxes
48.
Suatu objek mempunyai bagian yang dapat
diubah menjadi objek bentuk lain. Bagiantersebut adalah ....
a.
fill
b.
stroke
c.
stars and polygons
d.
spirals
e.
palllete
49.
Toolbox yang berguna untuk mengubah (edit)
objek adalah ....
a.
Select and Transform Object
b.
Edit Path
c.
Zoom in or out
d.
Draw Freehand Lines
e.
3D Boxes
50.
Pallete berguna untuk ....
a.
mengubah objek
b.
memindahkan objek
c.
memutar objek
d.
mengubah ukuran objek
e.
mewarnai objek
51.
Ikon untuk menyimpan objek, terdapat pada
toolbar ....
a.
Commands
b.
Tool Controls
c.
Toolbox
d.
Pallete
e.
Status bar
52.
Toolbox yang berguna untuk membuat suatu
objek bebas dengan sebelumnyamenentukan titik-titik pertemuan antar garis pada
suatu objek yang akan dibuat adalah....
a.
Edit Path
b.
Draw Freehand Lines
c.
Bezier Curves and Straight Lines
d.
Zoom in or out
e.
Fll Bounded Areas
53. Menu .... digunakan untuk mengubah
tulisan atau huruf.
a.
File
b.
Edit
c.
Object
d.
Path
e.
Text
54.
Sub
menu yang berguna untuk mengubah objek tertentu, misalnya mengubah kotakmenjadi
bentuk objek bebas menggunakan Edit Path adalah....
a.
Transform
b.
Object to Path
c.
Union
d.
Combine
e.
Put on Path
55. Menu yang berguna untuk mengubah tulisan atau huruf adalah....
a.
File
b.
Edit
c.
Object
d.
Path
e.
Text
56.
Bagian dari Toolbox yang berfungsi mengubah
suatu objek menjadi objek lainadalah....
a.
Select and Transform Objects
b.
Edit Path
c.
Freehand Lines
d.
Bezier Curves and Straight Lines
e.
Fill Bounded Areas
57.
Shortkey pada keyboard yang berguna untuk
menggabungkan (grouping) beberapaobjek adalah....
a.
CTRL + C
b.
CTRL + V
c.
CTRL + Y
d.
CTRL + D
e.
CTRL + G
58. Fungsi di bawah ini yang berguna untuk menggandakan suatu objek adalah....
a.
Combine
b.
Duplicate
c.
Put on Path
d.
Zoom
e.
Union
59. Submenu yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan warna garis pada
suatuobjek adalah....
a.
Fill and Stroke
b.
Document Properties
c.
Copy
d.
Paste
e.
Object Properties
60.
Tombol pada keyboard yang berguna untuk
memindahkan posisi objek ke belakangobjek di bawahnya adalah....
a.
PgUp
b.
PgDn
c.
End
d.
Home
e.
Del
61.
Tombol pada keyboard yang berguna untuk
memindahkan posisi objek ke depanobjek di atasnya adalah....
a.
PgUp
b.
PgDn
c.
End
d.
Home
e.
Del
62.
Tombol pada keyboard yang berguna untuk
memindahkan posisi objek ke posisipaling belakang adalah....
a.
PgUp
b.
PgDn
c.
End
d.
Home
e.
Del
63.
Shortkey pada keyboard yang berfungsi untuk
menggandakan objek adalah....
a.
CTRL + S
b.
CTRL + C
c.
CTRL + D
d.
CTRL + G
e.
CTRL + V
64. Efek warna yang berfungsi memadukan beberapa warna adalah....
a.
Fill
b.
Gradients
c.
Connectors
d.
Combine
e.
Difference
65. Inkscape merupakan suatu program aplikasi untuk ....
a.
pemrograman
b.
desain grafis
c.
presentasi
d.
internet
e.
multimedia
66.
Free softwaremempunyai pengertian ....
a.
software berbayar
b.
software gratis
c.
software demo
d.
software bajakan
e.
Licency
67.
Inkscape digunakan untuk membuat gambar
berjenis ....
a.
vektor
b.
bitmap
c.
mp3
d.
pdf
e.
3gp
68. Bagian yang digunakan untuk mengatur
zoom(memperbesar-memperkecil)tampilan dokumen Inkscape adalah ....
a.
menu bar
b.
task bar
c.
tool controls bar
d.
toolbox
e.
status bar
69.
Bagian dari Inkscape yang digunakan untuk
melihat properties dan status suatuobjek adalah ....
a.
status bar
b.
commands bar
c.
tool controls bar
d.
toolbox
e.
menu bar
70.
Bagian dari Inkscape yang digunakan untuk
membuat suatu objek atauperancangan desain adalah ....
a.
menu bar
b.
tool controls bar
c.
status bar
d.
commands bar
e.
toolbox
71. Ekstensi file dari Inkscape adalah ....
a.
cdr
b.
svg
c.
pdf
d.
bmp
e.
odt
72. Sistem operasi yang sudah menyertakan Inkscape kedalamnya adalah ....
a.
Windows
b.
Linux
c.
Machintos
d.
FreeBSD
e.
Symbian
73.
Pada Inkscape, ikon yang digunakan untuk
menyimpan file terdapat di ....
a.
tool controls bar
b.
commands bar
c.
toolbox
d.
status bar
e.
scrollbars
74.
Keluar dari program Inkscape, shortcut yang
digunakan pada keyboard adalah ....
a.
Ctrl E
b.
Ctrl Q
c.
Alt E
d.
Alt Q
e.
Ctrl S
75. File gambar yang dihasilkan dari kamera termasuk gambar jenis ....
a.
non digital
b.
bitmap
c.
vektor
d.
pixel
e.
scalable
76. Gambar kartun termasuk gambar jenis ....
a.
non digital
b.
bitmap
c.
vektor
d.
pixel
e.
scalable
77. Program aplikasi untuk mengolah gambar bitmap yang dapat digunakan secara
gratisadalah ....
a.
Adobe Photoshop
b.
Corel Photopaint
c.
Gimp
d.
Dia
e.
Inkscape
78. Program aplikasi untuk membuat gambar vektor yang dapat digunakan secaragratis
adalah ....
a.
CorelDraw
b.
Gimp
c.
Macromedia Flash
d.
Adobe Photoshop
e.
Inkscape
79. Titik-titik yang merupakan bagian terkecil dari gambar bitmap dikenal
denganistilah ....
a.
pixel
b.
scalable
c.
node
d.
stroke
e.
fill
80. Kesan alami yang didapatkan dari suatu objek, dikenal dengan istilah ....
a.
node
b.
fill
c.
pixel
d.
natural
e.
stroke
81.
Gambar yang bersifat scalable, sehingga
kualitasnya tetap bila diperbesar maupundiperkecil adalah gambar jenis ....
a.
bitmap
b.
vector
c.
natural
d.
non digital
e.
lukisan
82. Gambar kartun atau vektor merupakan gabungan dari beberapa objek berikut
ini,kecuali ....
a.
garis
b.
kurva
c.
kotak
d.
lingkaran
e.
foto
83. Ukuran file gambar vektor bila dibandingkan dengan gambar bitmap adalah
....
a.
lebih kecil
b.
sama
c.
lebih besar
d.
lebih lebar
e.
fleksibel
84. Gambar manual dapat diubah menjadi gambar vektor, dengan cara ....
a.
memotret
b.
membuat dengan Inkscape
c.
mengolah dengan Gimp
d.
scanning
e.
membuat pada kanvas
85.
Untuk menggambar bentuk
objek lingkaran, setengah lingkaran, tool yang dipakai adalah:
a.
Circle, ellipses, and arc
b.
Spiral
c.
Freehand lines
d.
Bezier curves and straight lines
e.
Caligraphic or brush stroke
86.
Menggambar bentuk objek
persegi banyak, tool yang digunakan adalah:
a.
Circle, ellipses, and arc
b.
Spiral
c.
Freehand lines
d.
Star and poligon
e.
Caligraphic or brush stroke
87.
Tool untuk membuat bentuk gambar bebas
seperti menggambar dengan pensil, adalah:
a.
Circle, ellipses, and arc
b.
Spiral
c.
Freehand lines
d.
Bezier curves and straight lines
e.
Caligraphic or brush stroke
88.
Untuk menggambar bentuk objek dengan efek
highlight, alat yang digunakan adalah:
a.
Circle, ellipses, and arc
b.
Spiral
c.
Freehand lines
d.
Bezier curves and straight lines
e.
Caligraphic or brush stroke
89.
Untuk membuat langsung bentuk segiempat 2D
digunakan tool...
a.
Star
b.
Polygon
c.
Spiral
d.
3d box
e.
Rectangle
90.
Menggambar bentuk objek dengan garis-garis yang
saling terhubung, alat yang dipakai adalah:
a.
Circle, ellipses, and arc
b.
Spiral
c.
Freehand lines
d.
Bezier curves and straight lines
e.
Caligraphic or brush stroke
91.
Prosedur mengaktifkan create
spiro pathadalah dengan terlebih dahulu mengaktifkan….
a.
Draw calligraphic
b.
Create and edit text
c.
Draw bezier curves and straight
lines
d.
Create spirals
e.
Create circles, ellipses and arcs
92.
Untuk mengubah posisi lembar
kerja/canvas di Inkscape adalah dengan mengaktifkan…
a.
File-Document properties-show
page
b.
File-Document properties-Guides
c.
File-Document properties-Grids
d.
File-Document properties-page
e.
File-Document properties-Color
Management
93.
Prosedur penyimpanan file gambar
secara default di Inkscape adalah
a.
File-save As
b.
File-import
c.
File-export bitmap
d.
File-revert
e.
File-save as copy
94.
Objek garis dari suatu gambar di sebut
dengan…
a.
Natural
b.
Pixel
c.
Node
d.
Stroke
e.
Fill
95.
Ukuran file gambar vektor bila dibandingkan
dengan gambar bitmap adalah…
a.
Lebih kecil
b.
Lebih besar
c.
Sama
d.
Fleksibel
e.
Lebih lebar
96.
File, Edit, View dan sebagainya merupakan deretan
menu-menu yang ada pada:
a.
Toolbar
b.
Toolbox
c.
Menu Bar
d.
Commands Bar
e.
Palette
97.
Ikon-ikon yang merupakan shortcut untuk
perintah-perintah pokok seperti print, open, save dan sebagainya berada pada:
a.
Toolbar
b.
Toolbox
c.
Menu Bar
d.
Commands Bar
e.
Palette
98.
Ikon-ikon untuk memodifikasi objek berada
pada
a.
Toolbar
b.
Toolbox
c.
Tool Control Bar
d.
Commands Bar
e.
Palette
99.
Pixel merupakan titik koordinat yang
ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai warna tersendiri sehingga
membentuk pola tertentu dilayar. Pola yang terbentuk itulah yang menghasilkan
atau menimbulkan kesan gambar.
Pixel singkatan dari…
a.
Picture element
b.
Picture xel/sel
c.
Gambar bertitik
d.
Dot matrik
e.
Pix element
100.
Semakin banyak jumlah pixel, berarti semakin
tinggi tingkat kerapatannya dan semakin halus gambar yang terbentuk. Akibatnya,
semakin besar pula ukuran file gambar tersebut. Banyaknya titik dalam 1 inchi
dikenal dengan…
a.
dpi c.dip e.dot
b.
spi d. pixel
0 comments:
Post a Comment