Friday 12 September 2014

windos.8



Cara cepat menggunakan Windows 8
On: 08.31 By: Ichsan TKJ#9 4 komentar

Ohayou gozaimasu..... (sok jepang deh). Saya yakin pasti udah banyak yang tau kan apa itu Windows 8 ? Iklannya aja udah ada di tv, masa iya gak tau? Oh iya, Windows 8 memiliki tampilan yang sangat baru, tidak seperti Windows 7, Vista, atau XP. Para penggunanya diharuskan beradaptasi lagi ketika menggunakan Windows 8 ini. Saya sendiri secara pribadi sangat menyukai tampilannya. Dan cukup merepotkan di awal awal penggunaan. Nah untuk itulah saya menulis artikel ini. Pasti banyak dari kalian yang ingin atau sudah menggunakan Windows 8 tapi gak tau cara menggunakannya. Kalau begitu kalian berkunjung ke blog yang tepat.

Disini saya akan menunjukkan bagaimana cara menggunakan Windows 8 dengan cepat, mungkin. Memakai Windows 8 sebenarnya semudah membalikkan gedung DPR aja (susah dong?). Kalian hanya harus rajin rajin meraba tubuh Windows 8, gak usah takut ntar rusak, nggak bakalan rusak! Kecuali kalau kalian format Local Disk C: pasti rusak dah tuh! Yah.... kelamaan ngomong nih, langsung aja.
Karena judulnya Cara cepat menggunakan Windows 8, maka saya tidak akan menulis terlalu banyak, dan yang akan saya tulis yang hanya diperlukan saja. Ngerti? Saya nggak ngerti apa yang baru saya tulis -__-

Hal pertama yang perlu diperhatikan pada Windows 8 adalah lihat setiap sudutnya. Coba kalian arahkan kursor ke setiap sudut dimonitor kalian. Pasti muncul sesuatu kan?

Kita mulai dari menu Start. Kalian lihat sendiri kan tidak ada banyak aplikasi yang muncul disana. Sebenarnya kita bisa menambahkan aplikasi untuk ditampilkan di menu Start. Caranya? Klik kanan dimana saja, kemudian klik All apps. Kalian klik kanan pada aplikasi yang ingin ditampilkan, lalu pilih Pin to Start. Maka aplikasi tersebut sudah tampil di menu Start.
Cara menghilangkannya? Klik kanan saja pada aplikasi kemudian pilih Unpin from Start. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah


Bagaimana cara mengubah background menu Start ? Coba kalian arahkan kursor ke pojok kanan atas atau pojok kanan bawah. Kemudian klik Settings, lalu klik Change PC Settings. Setelah itu kalian bisa mengubah Lock Sreen, Start Screen, serta Account Picture.


Kemudian untuk menambahkan perangkat/device, kita bisa memilih menu Device, lalu klik Add a device

Lalu bagaimana caranya menutup aplikasi bawaan Windows 8? Itu loh aplikasi bawaan yang ada di start screen, seperti Store, Email, Sosial, Olahpesan, dll. Teman saya kebingungan ketika mengklik aplikasi aplikasi tersebut, karena layar akan masuk kedalam mode Full Screen, tidak ada taskbar serta tombol Minimize, restore, dan close. Sebenarnya mudah saja untuk minimize atau close aplikasi tersebut.

Sebelumnya, jika kita mengarahkan kursor kearah kiri atas, itu adalah taskbarnya aplikasi aplikasi bawaan windows 8. Biasanya sih akan muncul menu desktop disana, kalian klik aja maka kalian akan kembali ke desktop dan aplikasi bawaan tersebut akan ter-minimize (lihat gambar dibawah). Tapi kalau tidak ada menu desktop masuk aja ke menu start, caranya arahkan kursor kepojok kiri bawah lalu klik.


Untuk menutup aplikasi bawaan kita bisa langsung menggunakan tombol alt+F4. Atau arahkan kursor keatas bagian paling atas monitor sampai kursor menjadi bentuk tangan, lalu seret kebawah dan lepaskan. Atau dengan cara manual, kita minimize dulu aplikasinya, jika sudah kembali ke desktop arahkan lagi kursor ke pojok kiri atas lalu klik kanan pada aplikasi tersebut lalu klik close (lihat gambar dibawah).


Ya.... cuma segitu aja sih yang bisa saya tulis. Kalau kalian gak ngerti dengan apa yang saya tulis, maka saya sendiri juga gak ngerti. Tapi semoga aja pada ngerti ya! Menggunakan Windows 8 mudah kok :)

Baca juga artikel 
Cara mengubah tampilan Start Screen Windows 8 untuk mengubah background Start Screen sesuai yang kita inginkan.

0 comments:

Post a Comment