Wednesday 14 September 2016

CARA MENGANALISA KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN USAHA

Analisis Kemungkinan Keberhasilan dan Kegagalan Usaha Faktor-faktor pendukung keberhasilan usaha adalah sebagai berikut:
 1. Faktor Manusia Faktor manusia merupakan faktor yang utama dalam pencapaian keberhasilan usaha. Di sini diperlukan manusia yang beretos kerja tinggi, rajin, optimis, dan pantang menyerah.
2. Faktor Keuangan Faktor keuangan merupakan faktor penunjang keberhasilan usaha. Faktor tersebut digunakan untuk modal usaha serta pemenuhan segala pengeluaran untuk kepentingan operasi produksi seperti pembelian bahan baku, bahan pembantu, gaji pegawai, promosi, dan biaya distribusi.
 3. Faktor Organisasi Dengan adanya faktor organisasi, sumber daya akan masuk pada suatu pola sehingga orang-orang akan dapat bekerja dengan efektif dan efisien sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing untuk mencapai tujuan organisasi.
 4. Faktor Perencanaan Perencanaan usaha dapat digunakan sebagai alat pengawas dan pengendalian usaha. Oleh karena itu, perencanaan harus dibuat oleh wirausaha sejak usahanya didirikan.
   5. Faktor Mengatur Usaha Dalam kaitannya dengan kegiatan mengatur usaha, yang perlu dilakukan oleh seorang wirausaha adalah sebagai berikut :
• menyusun uraian tugas pokok untuk menjalankan usahanya,
• menyusun struktur organisasi usaha,
• memperkirakan tenaga kerja yang dibutuhkan,
• menetapkan balas jasa dan insentif,
• membuat jadwal usaha,
• mengatur mesin-mesin produksi,
• mengatur tata laksana usaha,
• menata barang-barang,
• menata administrasi usaha,
 • mengawasi usaha dan pengendaliannya.
  6. Faktor Pemasaran Faktor pemasaran produk perusahaan dapat ditinjau berikut ini:
 • daya serap pasar dan prospeknya,
 • kondisi pemasaran dan prospeknya,
 • program pemasarannya.
 7. Faktor Administrasi Seorang wirausaha mempunyai catatan yang rapi mengenai kegiatan dan kejadian yang terjadi setiap harinya.

  PEMANFAATAN PELUANG SECARA KREATIF DAN INOVATIF MERANCANG KELAYAKAN DESAIN PRODUK KERAJINAN
 Wirausaha kreatif akan memanfaatkan segala peluang yang ada di lingkungannya dan menciptakan lapangan kerja untuk dirinya sendiri dan bahkan orang lain, misalnya: memanfaatkan barang bekas. Inovatif adalah suatu temuan baru yang menyebabkan berdaya gunanya suatu produk atau jasa ke arah yang lebih produktif. Prakarya
  Adapun tujuan mengadakan inovasi dalam usaha adalah sebagai berikut:
1. Untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat.
2. Untuk menyesuaikan selera masyarakat.
3. Untuk menyesuaikan perkembangan teknologi.
4. Untuk memuaskan konsumen.
5. Untuk menarik konsumen. Inovasi produk atau jasa yang dilaksanakan seorang wirausaha atau terarah secara spesifik, jelas, dan memiliki desain yang dapat diterapkan serta diminati konsumen. 


1 comments: