Analisis Kemungkinan Keberhasilan dan
Kegagalan Usaha Faktor-faktor pendukung keberhasilan usaha adalah sebagai
berikut:
1. Faktor Manusia Faktor manusia merupakan
faktor yang utama dalam pencapaian keberhasilan usaha. Di sini diperlukan
manusia yang beretos kerja tinggi, rajin, optimis, dan pantang menyerah.
2. Faktor
Keuangan Faktor keuangan merupakan faktor penunjang keberhasilan usaha. Faktor
tersebut digunakan untuk modal usaha serta pemenuhan segala pengeluaran untuk
kepentingan operasi produksi seperti pembelian bahan baku, bahan pembantu, gaji
pegawai, promosi, dan biaya distribusi.
3. Faktor Organisasi Dengan adanya faktor
organisasi, sumber daya akan masuk pada suatu pola sehingga orang-orang akan
dapat bekerja dengan efektif dan efisien sesuai dengan bidang tugasnya
masing-masing untuk mencapai tujuan organisasi.
4. Faktor Perencanaan Perencanaan usaha dapat
digunakan sebagai alat pengawas dan pengendalian usaha. Oleh karena itu,
perencanaan harus dibuat oleh wirausaha sejak usahanya didirikan.
5.
Faktor Mengatur Usaha Dalam kaitannya dengan kegiatan mengatur usaha, yang
perlu dilakukan oleh seorang wirausaha adalah sebagai berikut :
• menyusun
uraian tugas pokok untuk menjalankan usahanya,
• menyusun
struktur organisasi usaha,
•
memperkirakan tenaga kerja yang dibutuhkan,
• menetapkan
balas jasa dan insentif,
• membuat
jadwal usaha,
• mengatur
mesin-mesin produksi,
• mengatur
tata laksana usaha,
• menata
barang-barang,
• menata
administrasi usaha,
• mengawasi usaha dan pengendaliannya.
6. Faktor Pemasaran Faktor pemasaran produk
perusahaan dapat ditinjau berikut ini:
• daya serap pasar dan prospeknya,
• kondisi pemasaran dan prospeknya,
• program pemasarannya.
7. Faktor Administrasi Seorang wirausaha
mempunyai catatan yang rapi mengenai kegiatan dan kejadian yang terjadi setiap
harinya.
PEMANFAATAN PELUANG SECARA KREATIF DAN
INOVATIF MERANCANG KELAYAKAN DESAIN PRODUK KERAJINAN
Wirausaha kreatif akan memanfaatkan segala
peluang yang ada di lingkungannya dan menciptakan lapangan kerja untuk dirinya
sendiri dan bahkan orang lain, misalnya: memanfaatkan barang bekas. Inovatif
adalah suatu temuan baru yang menyebabkan berdaya gunanya suatu produk atau
jasa ke arah yang lebih produktif. Prakarya
Adapun tujuan mengadakan inovasi dalam usaha
adalah sebagai berikut:
1. Untuk
memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat.
2. Untuk
menyesuaikan selera masyarakat.
3. Untuk
menyesuaikan perkembangan teknologi.
4. Untuk
memuaskan konsumen.
5. Untuk
menarik konsumen. Inovasi produk atau jasa yang dilaksanakan seorang wirausaha
atau terarah secara spesifik, jelas, dan memiliki desain yang dapat diterapkan
serta diminati konsumen.
Terimakasih sangat membantu
ReplyDelete