Thursday 15 September 2016

CARA EFEKTIF MELIHAT PENTINGNYA KEMASAN BAGI PRODUSEN DAN KONSUMEN

ARTI PENTING KEMASAN BAGI PRODUSEN DAN KONSUMEN
Mengapa kemasan memiliki arti penting bagi produsen dan konsumen? Berikut penjelasannya.
Arti Penting Kemasan Bagi Produsen
Menurut E. P.Danger dalam bukunya Memilih Warna Kemasan, kemasan memiliki sejumlah fungsi vital,antara lain :
a.     Melindungi produk dan menjaganya tetap dalam kondisi yang baik.
Fungsi ini telah berkembang selama bertahun-tahun. Pada mulanya sebuah kemasan adalah sebuah wadah yang sederhana dan mudah dipegang. Karena waktu berjalan terus, sistem distribusi pun menjadi lebih kompleks dan para konsumen mendesak adanya standar keseluruhan yang lebih tinggi, semakin penting bagi produk untuk mencapai pembeli dalam kondisi yang baik dan menjadi vital bila karton bungkus luar digunakan untuk memudahkan penanganan dan mulai berperan dalam pajangan produk.

b.    Mudah di distribusikan secara ekonomis.
Fungsi kedua menjadi penting bila jalur distribusi semakin panjang dan biaya distribusi menjadi beban yang lebih berat, ditambah lagi metode perdagangan berubah secara radikal dan pengemasan harus sesuai dengan kondisi swalayan dan kerumitan distribusi melalui bermacam-macam outlet.
c.     Efektif biayanya.
Biaya yang terkait dalam pengemasan termasuk pergudangan, efisiensi operasi, biaya modal dari mesin pengemasan, biaya bagian dalam dan luar, biaya pengepakan sampai ke atas palet, biaya angkut dan banyak lagi faktor lainnya. Pengemasan apapun harus ekonomis dengan melalui peningkatan laju produksi dan pengurangan pemborosan,  atau dengan menyediakan distribusi yang lebih mudah dan lebih murah sehingga dapat menurunkan biaya penanganan dan penyimpangan,  atau membuat produk tersebut lebih mudah dijual. Untuk itu kurangi biaya-biaya unit, idealnya kemasan seharusnya menunjang semua itu.
d.    Menjual produk tersebut.
Pengemasan menghubungkan antara dukungan promosional yang diberikan oleh manufaktur, ruang rak yang ditata oleh pengecer dan kebutuhan serta keinginan dari pembeli akhir. Karena alasan inilah pengemasan harus dipertimbangkan pada setiap tingkat proses pemgemasan dan konsep pengemasan telah menjadi bagian pemasaran yang vital.
Arti Penting Kemasan Bagi Konsumen
Menurut Buchari Alma dalam bukunya Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa arti penting kemasan bagi konsumen adalah sebagai berikut :
1.     Dengan adanya pembungkus  barang-barang tetap bersih dan praktis untuk dibawa kerumah, tahan lama, dan mudah disimpan.
2.     Dengan adanya pembungkus berarti timbangan di dalamnya benar.
3.     Pembungkus menunjukkan kualitas barang dan kadang-kadang menerangkan isi yang dibungkus.
4.     Dengan adanya pembungkus pembeli dapat membeli jumlah yang cukup (diperlukan )
5.     Sering pembungkus yang isinya telah habis terpakai masih dapat digunakan untuk tempat menyimpan barang lain.
6.     Pembungkus yang memberi informasi akan memberi dorongan pada pembeli untuk membaca dulu dan sambil berfikir akan membelinya.

7.     Pembungkus dapat menimbulkan harga diri bagi yang membawanya.

0 comments:

Post a Comment