ARTI PENTING KEMASAN BAGI PRODUSEN
DAN KONSUMEN
Mengapa kemasan memiliki arti
penting bagi produsen dan konsumen? Berikut penjelasannya.
Arti Penting
Kemasan Bagi Produsen
Menurut E. P.Danger dalam bukunya Memilih Warna Kemasan, kemasan memiliki sejumlah
fungsi vital,antara lain :
a. Melindungi produk dan menjaganya tetap dalam kondisi yang baik.
Fungsi ini telah berkembang selama
bertahun-tahun. Pada mulanya sebuah kemasan adalah sebuah wadah yang sederhana
dan mudah dipegang. Karena waktu berjalan terus, sistem distribusi pun menjadi
lebih kompleks dan para konsumen mendesak adanya standar keseluruhan yang lebih
tinggi, semakin penting bagi produk untuk mencapai pembeli dalam kondisi yang
baik dan menjadi vital bila karton bungkus luar digunakan untuk memudahkan
penanganan dan mulai berperan dalam pajangan produk.
b. Mudah di distribusikan secara ekonomis.
Fungsi kedua menjadi penting bila jalur distribusi semakin panjang dan
biaya distribusi menjadi beban yang lebih berat, ditambah lagi metode
perdagangan berubah secara radikal dan pengemasan harus sesuai dengan kondisi
swalayan dan kerumitan distribusi melalui bermacam-macam outlet.
c. Efektif biayanya.
Biaya yang terkait dalam pengemasan termasuk pergudangan, efisiensi
operasi, biaya modal dari mesin pengemasan, biaya bagian dalam dan luar, biaya
pengepakan sampai ke atas palet, biaya angkut dan banyak lagi faktor lainnya.
Pengemasan apapun harus ekonomis dengan melalui peningkatan laju produksi dan
pengurangan pemborosan, atau dengan
menyediakan distribusi yang lebih mudah dan lebih murah sehingga dapat
menurunkan biaya penanganan dan penyimpangan,
atau membuat produk tersebut lebih mudah dijual. Untuk itu kurangi
biaya-biaya unit, idealnya kemasan seharusnya menunjang semua itu.
d. Menjual produk tersebut.
Pengemasan menghubungkan antara dukungan promosional yang diberikan oleh
manufaktur, ruang rak yang ditata oleh pengecer dan kebutuhan serta keinginan
dari pembeli akhir. Karena alasan inilah pengemasan harus dipertimbangkan pada
setiap tingkat proses pemgemasan dan konsep pengemasan telah menjadi bagian
pemasaran yang vital.
Arti Penting Kemasan Bagi Konsumen
Menurut Buchari Alma dalam bukunya Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa
arti penting kemasan bagi konsumen adalah sebagai berikut :
1. Dengan adanya pembungkus
barang-barang tetap bersih dan praktis untuk dibawa kerumah, tahan lama,
dan mudah disimpan.
2. Dengan adanya pembungkus berarti timbangan di dalamnya benar.
3. Pembungkus menunjukkan kualitas barang dan kadang-kadang menerangkan isi
yang dibungkus.
4. Dengan adanya pembungkus pembeli dapat membeli jumlah yang cukup
(diperlukan )
5. Sering pembungkus yang isinya telah habis terpakai masih dapat digunakan
untuk tempat menyimpan barang lain.
6. Pembungkus yang memberi informasi akan memberi dorongan pada pembeli untuk
membaca dulu dan sambil berfikir akan membelinya.
7. Pembungkus dapat menimbulkan harga diri bagi yang membawanya.
0 comments:
Post a Comment