ANALISIS PEMETAAN PELUANG USAHA, KEBERHASILAN
DAN KEGAGALAN USAHA PRODUK KERAJINAN
Menganalisis
peluang usaha pada produk kerajinan dimaksudkan untuk menemukan peluang dan
potensi usaha produk kerajinan yang dapat dimanfaatkan. Ancaman dan peluang
selalu menyertai suatu usaha sehingga penting untuk melihat dan memantau
perubahan lingkungan dan kemampuan adaptasi dari suatu usaha. Pemetaan potensi
usaha produk kerajinan dapat didasarkan pada ciri khas kerajinan dari setiap
daerah.
Analisis SWOT pada usaha produk kerajinan
didasarkan pada asumsi bahwa strategi yang efektif adalah dengan memaksimalkan
kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), serta meminimalkan kelemahan
(weaknesses) dan ancaman (threats). Analisis ini didahului oleh proses
identifikasi faktor eksternal dan internal. Untuk menentukan strategi yang
terbaik, dilakukan pembobotan terhadap tiap unsur SWOT berdasarkan tingkat
kepentingan. Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui langkah-langkah yang
perlu dilakukan dalam pengembangan usaha produk kerajinan sebagai alat penyusun
strategi. Prakarya
Secara rinci ada beberapa langkah yang
perlu diperhatikan dalam menganalisis peluang usaha produk kerajinan, yaitu
sebagai berikut:
1.
Penetapan Kelayakan Usaha Produk Kerajinan
Menemukan jawaban tentang apakah peluang usaha produk kerajinan dapat dijual,
berapa biaya yang dikeluarkan serta mampukah produk kerajinan tersebut
menghasilkan laba.
•
Analisis Kelayakan Teknis Sebelum peluang usaha baru diimplementasikan, dilihat
dari aspek teknis perlu dilakukan analisis. Dalam melaksanakan analisis
kelayakan teknis, perlu diperhatikan berbagai macam teknis pembuatan karya
kerajinan. Prakarya
• Analisis Peluang Pasar Tujuan riset pasar
adalah mengumpulkan informasi untuk pengambilan keputusan tentang usaha
kerajinan yang akan dibuka (menemukan pasar yang menguntungkan, memilih produk
kerajinan yang dapat dijual, menerapkan teknik pemasaran yang baik dan
merencanakan sasaran pelanggan).
• Menentukan Jumlah Pembelian Potensial dalam
Tiap-Tiap Segmen Pasar Langkah ketiga ini terkait dengan perkiraan konsumen
potensial dari produk kerajinan baru oleh tiap-tiap segmen pasar pada periode
sekarang dan yang akan datang. Salah satu cara untuk mendapatkan informasi ini
adalah dengan memilih agen untuk menguji pasar. Prakarya
• Sumber Informasi Pasar Adalah informasi
untuk mengevaluasi peluang pasar masa sekarang dan yang akan datang dari usaha
produk kerajinan. • Uji Coba Pasar Uji coba pasar memberikan kemungkinan
paluang dalam pemasaran, distribusi, dan pelayanan. • Studi Kelayakan Pasar
Studi kelayakan pasar akan dapat mengurangi risiko kerugian dan kegagalan usaha
produk kerajinan. Prakarya
2.
Analisis Kelayakan Finansial Analisis kelayakan
finansial adalah landasan untuk menentukan sumber daya finansial yang
diperlukan untuk tingkat kegiatan tertentu dan laba yang bisa diharapkan. Ada
dua langkah dasar untuk pemilihan alternatif dalam analisis kelayakan
finansial, yaitu sebagai berikut: • Penentuan kebutuhan finansial total dengan
dana yang diperlukan untuk operasional. • Penentuan sumber daya finansial yang
tersedia. 3. Analisis Persaingan Analisis persaingan ini sangat penting untuk
pengembangan dan keberlanjutan usaha produk kerajinan.
0 comments:
Post a Comment