ARTI PENTING KEMASAN BAGI PRODUSEN
DAN KONSUMEN
Mengapa kemasan memiliki arti penting bagi produsen
dan konsumen? Berikut penjelasannya.
Arti Penting
Kemasan Bagi Produsen
Menurut E. P.Danger dalam bukunya
Memilih Warna Kemasan, kemasan memiliki sejumlah fungsi vital,antara lain :
a. Melindungi produk dan menjaganya tetap dalam kondisi yang baik.
Fungsi ini telah berkembang selama
bertahun-tahun. Pada mulanya sebuah kemasan adalah sebuah wadah yang sederhana
dan mudah dipegang. Karena waktu berjalan terus, sistem distribusi pun menjadi
lebih kompleks dan para konsumen mendesak adanya standar keseluruhan yang lebih
tinggi, semakin penting bagi produk untuk mencapai pembeli dalam kondisi yang
baik dan menjadi vital bila karton bungkus luar digunakan untuk memudahkan
penanganan dan mulai berperan dalam pajangan produk.
b. Mudah di distribusikan secara ekonomis.
Fungsi kedua menjadi penting bila
jalur distribusi semakin panjang dan biaya distribusi menjadi beban yang lebih
berat, ditambah lagi metode perdagangan berubah secara radikal dan pengemasan
harus sesuai dengan kondisi swalayan dan kerumitan distribusi melalui
bermacam-macam outlet.
c. Efektif biayanya.
Biaya yang
terkait dalam pengemasan termasuk pergudangan, efisiensi operasi, biaya modal
dari mesin pengemasan, biaya bagian dalam dan luar, biaya pengepakan sampai ke
atas palet, biaya angkut dan banyak lagi faktor lainnya. Pengemasan apapun
harus ekonomis dengan melalui peningkatan laju produksi dan pengurangan
pemborosan, atau dengan menyediakan
distribusi yang lebih mudah dan lebih murah sehingga dapat menurunkan biaya
penanganan dan penyimpangan, atau
membuat produk tersebut lebih mudah dijual. Untuk itu kurangi biaya-biaya unit,
idealnya kemasan seharusnya menunjang semua itu.
d. Menjual produk tersebut.
Pengemasan
menghubungkan antara dukungan promosional yang diberikan oleh manufaktur, ruang
rak yang ditata oleh pengecer dan kebutuhan serta keinginan dari pembeli akhir.
Karena alasan inilah pengemasan harus
dipertimbangkan pada setiap tingkat proses pemgemasan dan konsep pengemasan
telah menjadi bagian pemasaran yang vital.
Arti Penting Kemasan Bagi Konsumen
Menurut Buchari
Alma dalam bukunya Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa arti penting kemasan
bagi konsumen adalah sebagai berikut :
1. Dengan adanya pembungkus
barang-barang tetap bersih dan praktis untuk dibawa kerumah, tahan lama,
dan mudah disimpan.
2. Dengan adanya pembungkus berarti timbangan di dalamnya benar.
3. Pembungkus menunjukkan kualitas barang dan kadang-kadang menerangkan isi
yang dibungkus.
4. Dengan adanya pembungkus pembeli dapat membeli jumlah yang cukup
(diperlukan )
5. Sering pembungkus yang isinya telah habis terpakai masih dapat digunakan
untuk tempat menyimpan barang lain.
6. Pembungkus yang memberi informasi akan memberi dorongan pada pembeli untuk
membaca dulu dan sambil berfikir akan membelinya.
7. Pembungkus dapat menimbulkan harga diri bagi yang membawanya.
0 comments:
Post a Comment