Tuesday 7 March 2017

KARYA TULIS PENGOLAHAN LIMBAH SAMPAH




CONTOH KARYA TULIS PENGOLAHAN LIMBAH  SAMPAH

KATA  PENGANTAR


Assalamualaikum  Wr   Wb.

     Pujji syukur kehadirat Allah SWA yang telah memberi rahmat dan hidayahnya sehinggakami bisa menyelesaiakn makalah ini dengan baik. Dalampenyusunannya, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak. Karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Ibu Pembimbing, dan petugas TPST, yaitu :
1.      Bpk Suratno, S.Pd   sebagai guru pembimbing
2.      Ibu Rianita Gumai, S.Pd sebagai guru pembimbing
3.      Ibu Suci, S.Pd sebagai guru pembimbing
4.      Bpk.  H Nuriyanto sebagai nara sumber dalam pembuatan karya tulis.

Yang telah memberikan dukungan kasih dan kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah kesuksesan ituberaal semoga semua ini bisa lebih baik lagi. Penulis berharap isi dari makalah ini masih banyak kekrangannya Oleh karena itu penulis mengharap kritikan dan saran agar karya tulisini dapat lebih baik lagi.  Akhir kata penulis beerharap agar makalah ini dapt bermanfaat bagi semua pembaca.





                                                                                       Tegal, 6 Desember 2014

                                                                                        Penulis















I.                   BAB   PENDAHULUAN

A Latar Belakang
Salah satu faktor yang menyebabkan rusaknya lingkungan hidup yang sampai saat ini masih tetap menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia adalah pembuanan sampah.
Sampah-sampah itu diangkut oleh truk-truk khusus dan dibuang atau ditumpuk begitu saja di tempat yang sudah disediakan tanpa di apa-apakan lagi.Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap lingkungan sekitar dimana lingkungan menjadi kotor dan
 sampah  yang membusuk akan msnjadi bibit penyakit di kemudian hari. Walaupun terbukti sampah itu dapat merugikan bila tidak dikelola dengan baik,tetapi ada sisi manfaatya. Hal ini karena selain dapat mendatangkan bencana bagi masyarakat,sampah juga dapat diubah menjadi barang yag bermanfaat. Kemanfaatn sampah ini tidak terlepas dari penggunaan ilmu pngetahuan dan tekhnologi dalam menanganinya dan juga kesadaran dari masyarakat untuk mengolahnya.

               B. Rumusan Masalah
Terutama untuk modal dan pemasaran,bila nanti diproduksi massal’Pemerintahan di harapkan memperhatikan ,aar sampah plastik di kota tegal erus dikelola dan dimanfaatkan sehingga mengurangi volume sampah’sampah/limbah/sampah/plastik tadinya hanya sebagai barang kotor berbau dan banyak menimbulkan penyakit serta mencemari kingkungan ,kini ditangai Nuriyantowarga kota tega ljawa tengah  dapat diolah dan dijadikan sebagai barang yang bermanfaat sebagai serta memiliki nilai ekonomi yang tinggi .Sampah plastik yang tiap hari kian menggunung ,karena dalam perseginya dapat mengurangi debit sapah hingga 60 kg sampah plastik
-          Bagaimana cara Mengolah Sampah Mejadi Kompos ?

C   Maksud dan Tujuan
Tujuan membuat kompos adalah untuk mengurangi sampah organik sedang pembuatan paving dari plastikadalah untuk mengurangi sampah anorganik dan agar tidak menimbulkan penyakit serta mengurangi pencemaran lingkungan.




              D. Ruang lingkup penulis.
                   Sampah bisa dikatagorikan tambang emas yaitu semua bisa laku dijual. Dengan    memanfaatkan sampah menambah penghasilaln masyarakat disamping itu membuat linkungan  bersih.




II.                BAB  ANALISIS


a.       Jenis kegiatan
-          Kunjungan ke  TPST  “ Melati Jaya “

b.      Tempat dan Waktu
 Tempat TPST Melati Jaya di Kelurahan Kejambon Tegal Timur, pada Hari : Sabtu Tanggal 8 November 2014.

c.       Petugas dan Peserta
Petugas yang melakukan pengamatan dan  wawancara adalah Bapak H. Nuriyanto selaku nara sumber dan pesertanya adalah siswa-siswi SMP Negeri 15 Tegal Kelas VIII/ A- B yang tidak ikut Study toor.
d.      Persiapan dan Rencan kegiatan
Pengamatan yang saya lakukan adalah mengelola dan memanfaatkan sampah.

e.       Peserta Kegiatan
Siswa siswi SMP Negeri 15 Tegal yang tidak mengikuti kegiatan Study Toor.



BAB III.  PEMBAHASAN

 Proses Pembuatan Kompos :
1. Tujuan
2. Aat dan Bahan
3. Langkah-langkah

                                        BAB IV.  PENUTUP


a.       Kesimpulan
Dengan adanya proses mendaur ulang sampah yang tadinya dianggap barang yang slalu meresahkan tenyata setelah di proses sedemikian rupa menjadi barang yang mempunyai nilai tambah untuk menjadi pendapatan untuk meningkatkan kemakmuran / kesejahteraan.

b.      Kritik dan Saran
Janganlah kita menganggap remeh atau memandang sebelah mata terhadap yang namanya sampah. Kalau kita pandai mengelola ddengan baik dan benar niscaya akan menjadi emas. Untuk itu marilah kita mualai sekarang jangan menyepelekan tentang keberadaan mahluk yang namanya “sang sampah” kalau kita memperlakukan dengan baik, lngkungan kita akan menjadi bersih dan sehat kitapun akan mendapatkan nilai tambah kalu kita trampil dan kreatif.

c.       Ucapan Terima Kasih
Saya ucapkan banyak terima kasih pada Bpk/Ibu Guru Pembimbing yang telah membantu dan membimbing pembuatan makalah ini,
1.      Bapak Dwi Setiawan, S.Pd selaku kepala sekolah
2.      Ibu Rianita Gumay, S.Pd selaku Guru Pembimbing
3.      Tidak ketinggalan pula Ayah dan Ibu yang telah membimbing dan mengarahkan pembuatan makalah ini.
4.      Serta Teman-teman ku semua yang telah membantu saya dalam pembuatan makalah ini.
Sekali lagi Penulis ucapkan terima kasih mudah-mudahan semua kebaikan yang telah diberikan kepada saya, Mudah-mudahan Allah SWT yang akan membalas kebaikan ini semua.   Amin.

0 comments:

Post a Comment