BAB 1
PENDAHULUAN
1. Pengertian dan Latar Belakang
1.1 Latar Belakang
Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
di SMP Berdasarkan KTSP mencakup bahan kajian tentang Hardware
dan Software. Pada Mata Pelajaran ini, konsep dan sub konsep dipelajari melalui
Teori dan Praktek dengan fokus pada pengembangan keterampilan proses. Idealnya
setiap topik dari pelajaran TIK sebaiknya diajarkan melalui peragaan kepada
siswa, baik dalam bentuk Praktek atau demonstrasi.
Untuk mendukung fungsi dan tujuan pembelajaran TIK di SMP,
diperlukan sarana dan petugas yang siap membantu kelancaran pelaksanaan
praktikum atau demonstrasi yang diperlukan oleh guru TIK.
1.2 Dasar/Landasan Hukum
Ø Pasal 37 UU No. 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional.
Ø Program Sekolah
1.3 Maksud dan Tujuan
Mewujudkan tujuan Pendidikan
nasional dengan memperhatikan tahapan perkembangan peserta anak didik dan
kesesuaianya dengan kebutuhan nasional, perkembangan IPTEK serta Kesenian yang
sesuai dengan jenis dan jenjang satuan pendidikan yaitu SLTP sebagai jenjang
Pendidikan Dasar seperti di SMP Negeri 1
4 Madiun khususnya pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
1.4 Sasaran
Sasaran kegiatan Laboratorium
Komputer yang ingin dicapai adalah Program Pengajaran dan Pembelajaran yang
mendukung pencapaian Tujuan Satuan Pendidikan SMP pada mata pelajaran TIK yang
bermuara pada perwujudan atau pencapaian tujuan Pendidikan Nasional yaitu “
Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya
melalui jenjang pendidikan SMP “, khususnya di SMP Negeri 14 Madiun.
1.5 Ruang Lingkup
Ruang lingkup pendidikan di laboratorium Komputer meliputi
:
Penguasaan
Harware dan Sofware Komputer
1.6 Sistematika
1. Kata Pengantar
2. Daftar Isi
3. BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
1.2
Dasar/Landasan Hukum .
1.3
Maksud dan Tujuan
1.4
Sasaran
1.5
Ruang Lingkup
1.6
Sistimatika
4.
BAB II.
PENGORGANISASIAN
2.1
Pengorganisasian
2.2
Struktur Organisasi
2.3
Jadwal Praktikum
5. BAB
III. LABORATORIUM
3.1
Denah Laboratorium
3.2
Inventaris Laboratorium
6.BAB
IV. PROGRAM LABORAN TAHUN PELAJARAN 2009 - 2010
4.1
Program
Kerja
4.2
Daftar Barang dan Bahan yang diperlukan
7. BAB V. PENUTUP
8.
LAMPIRAN-LAMPIRAN :
BAB II
PENGORGANISASIAN
2.1.
Pengorganisasian
2.1.1 Struktur Organisasi
= Garis
Komando
=
Garis Koordinasi
2.1.2 Susunan
Personal
Pelindung / Penanggung Jawab : Kepala Sekolah
Kepala Labkom :
2.1.3 Daftar Guru Mata Pelajaran TIK
No
|
Nama
|
Kelas
|
1.
|
|
|
2.
|
|
2.2 Pembagian
Tugas
Pelindung
/ Penanggung Jawab
1.
Memberikan perlindungan / pengayoman
2.
Melakukan pengawasan dan penilaian
3.
Memberikan pengarahan
Kepala
Labkom
1.
Melakukan koordinasi
2.
Memberikan bimbingan dan pengarahan
3.
Melakukan pengawasan
4.
Melaporkan kepada Kepala Sekolah
Petugas
1.
Melakukan pendataan inventaris barang
2.
Menata barang inventaris menurut fungsinya
3.
Melakukan perbaikan pada barang inventaris yang masih
bias diperbaiki
4.
Mengatur jadwal penggunaan laboratorium Komputer
5.
Memberikan laporan kondisi barang – barang inventaris
6.
Melakukan pengawasan penggunaan barang inventaris
7.
Melaporkan kejadian – kejadian penting yang berkaitan
dengan penggunaan barang inventaris
8.
Melakukan pengecekan kondisi barang secara rutin
2.3. Tata Tertib Penggunaan Laboratorium Komputer
1. Siswa dilarang menggunakan computer tanpa seijin
guru/petugas
2. Siswa menjaga kebersihan selama di dalam ruang lab
computer
3. Siswa dilarang membuat keributan / gaduh atau
bermain – main selama di ruang lab. Computer.
4. Siswa dilarang merubah atau menghapus program –
program yang ada di computer tanpa seijin guru / petugas
5. Siswa dilarang membawa barang yang ada di
lab.komputer.
2.4
Jadwal Penggunaan Laboratorium
JADWAL PENGGUNAAN LABORATORIUM KOMPUTER
|
UNTUK
KBM PAGI TAHUN PELAJARAN 2012/2013
|
HARI
|
JAM
|
NAMA GURU
|
KELAS
|
SENIN
|
|||
SELASA
|
|||
RABU
|
|||
KAMIS
|
|||
|
|||
|
|||
JUMAT
|
|||
SABTU
|
|||
BAB III
LABORATORIUM KOMPUTER
3.1 Denah Ruangan Laboratorium Komputer
3.2
Inventaris Laboratorium Komputer
No
|
Nama Alat
|
Kondisi
|
Jumlah
|
|
Baik
|
Rusak
|
|||
Prasarana
|
|
|
|
|
1
|
Ruang Praktek
|
|||
2
|
Meja Komputer
|
|||
3
|
Kursi lab.
komputer
|
|||
4
|
Ruang gudang
|
|||
5
|
Sirkulasi udara
|
|||
6
|
Ketersediaan
daya listrik
|
|||
Alat praktek komputer
|
||||
1
|
Intel pentium I
|
|||
2
|
Intel pentium II
|
|||
3
|
Intel pentium
III
|
|||
4
|
Intel pentium IV
|
|||
5
|
Core duo
|
|||
6
|
Core 2 duo
|
|||
7
|
Printer Dot
matriks A4
|
|||
8
|
Printer epson
scaner
|
|||
9
|
Monitor 15”
|
|||
10
|
Keyboard
|
|||
11
|
Mouse
|
|||
12
|
Papan Tulis
|
|||
13
|
Kursi guru
|
|||
14
|
Lemari
|
|||
15
|
Modem
|
|||
16
|
LAN
|
|||
17
|
WiFI
|
|||
18
|
Router
|
BAB IV
PROGRAM PETUGAS LAB KOMPUTER
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
4.1 Program Kerja
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Sasaran Yang Ingin Dicapai
|
Waktu
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Penyusunan Pedoman dan Program Kerja
Pendataan Inventaris Laboratorium
Komputer
Perawatan Komputer
Penyusunan Jadwal Penggunaan Lab. Komputer
Laporan
|
Dalam pelaksanaan kegiatan dapat terencana dan
sistematis.
Mengetahui data alat, bahan, dan barang yang ada di laboratorium
sebagai informasi bagi sekolah dan instansi yang berkepentingan
Perawatan ini meliputi :
1. Kebersihan Lab.
2. Kebersihan Komputer secara umum
3. Pengecekan Hardware dan Sofware
Dalam
pengunaan lab. Dapat optimal untuk setiap guru TIK dalam pelaksanaan praktek
|
4.2 Daftar
Barang dan Bahan yang diperlukan
Agar seluruh program yang dibuat dapat
terlaksana, tentunya diperlukan beberapa pendukung teknis baik itu sarana
ataupun prasarana yang dibutuhkan oleh laboran yang belum tersedia atau yang
diperlukan oleh petugas lab komputer, diantaranya sebagai berikut :
1
LAN Jaringan Internet untuk 20 unit komputer
2
Monitor 15 “ 3
Buah
3
CPU P4 3
buah
4
Printer 1
Buah
5
Sapu 2
Buah
6
Kemoceng 2
Buah
7
Bak sampah 3
buah
8
Kipas angin gantung 4
buah
9
Meja computer 17 buah
BAB V
PENUTUP
Program hanyalah sebuah perangkat dalam upaya mencapai suatu tujuan.
Program bukan segala–galanya, sebab masih ada factor lain yang turut menentukan
yakni Sumber Daya Manusia.
Ini Berarti, suatu program baru dapat dilaksanakan dengan memahami dan
mampu menterjemahkannya dalam karya nyata seperti apa yang digariskan dalam
program tersebut. Di sini ada yang saling keterkaitan yakni program yang baik
dan Sumber Daya manusia yang andal.
Program yang baik, tentu saja program yang didasarkan atas kenyataan dan
perhitungan secara matang serta dilaksanakan dengan sebagai mana mestinya.
Kita tak ingin gagal hanya karena
kecerobohan dalam melaksanakan program.
Kuncinya sederhana saja yakni kesungguhan dan kebersamaan
Mengetahui Tegal , 5 Juni 2015
Kepala Sekolah Kepala Labkom
|
NIP.
NIP
0 comments:
Post a Comment